Apasi fungsi
belajar filsafat?? Iniii dia jawabannya.
Fungsi filsafat pendidikan adalah menyelidiki perbandingan
pengaruh-pengaruh pertama dari filsafat-filsafat yang kompetitif dalam proses
kehidupan dan kedua dari kemungkinan proses-proses pendidikan dan pembinaan
watak guna menemukan pengelolaan pendidikan yang dikehendaki untuk membina
watak yang paling konstruktif bagi kaum muda dan tua. Di samping itu, fungsi
filsafat pendidikan juga untuk membantu tujuan-tujuan pedagogis yang meliputi
empat aspek yang saling berhubungan, yaitu fungsi analisis, evaluasi,
spekulatif, dan integratif. Hal senada juga seperti yang diungkapkan Brameld
bahwa fungsi filsafat pendidikan sebagai alat analisis, kritik, sintesis, dan
penilaian.
Brubacher secara
terperinci menyatakan bahwa fungsi filsafat pendidikan sebagai berikut.
1. Fungsi
Spekulatif
Fungsi pendidikan
berusaha mengerti seluruh persoalan pendidikan dan mencoba merumuskannya dalam
satu gambaran pokok sebagai pelengkap data-data ilmiah. Filsafat pendidikan
juga berusaha mengerti seluruh persoalan pendidikan dan hubungannya dengan
faktor-faktor lain yang memengaruhi pendidikan.
2. Fungsi
Normatif
Fungsi filsafat
pendidikan ialah sebagai penentu arah, pedoman untuk merealisasikan pendidikan.
Asas ini tersimpul dalam tujuan pendidikan, yakni membina masyarakat ideal dan
membentuk norma-norma yang dicita-citakan. Filsafat pendidikan memberikan
norma-norma dan pertimbangan bagi kenyataan-kenyataan normatif dan
kenyataan-kenyataan ilmiah untuk membentuk kebudayaan.
(3) Fungsi Kritik
Fungsi filsafat
pendidikan untuk memberi dasar pengertian kritis rasional dalam
mempertimbangkan dan menafsirkan data-data ilmiah. Misalnya, data pengukuran
analisis evaluasi, baik kepribadian maupun achievement (prestasi).
Fungsi kritik berarti pula analisis dan komparatif atas sesuatu untuk mendapat
kesimpulan. Dalam hal ini, filsafat pendidikan dapat menetapkan klasifikasi
prestasi secara tepat dengan data-data objektif (angka-angka, statistik). Di
samping itu, filsafat pendidikan mampu menetapkan asumsi atau hipotesis yang
lebih baik reasonable.
Filsafat harus
kompeten mengatasi kelemahan-kelemahan yang ditemukan oleh bidang ilmiah dan
melengkapinya dengan data dan argumentasi yang tak didapatkan dari data ilmiah.
(4) Fungsi Teori
bagi Praktik
Semua ide,
konsepsi, analisis, dan kesimpulan-kesimpulan filsafat pendidikan berfungsi
sebagai teori. Teori ini adalah dasar bagi pelaksanaan/praktik pendidikan.
Filsafat memberikan prinsip-prinsip umum bagi suatu praktik.
(5) Fungsi
Integratif
Filsafat pendidikan
memiliki fungsi integratif yang didasarkan atas pemahaman bahwa filsafat
pendidikan sebagai asas kerohanian atau rohnya pendidikan. Dengan arti lain,
filsafat pendidikan sebagai pemadu fungsional semua nilai dan asas normatif
dalam ilmu kependidikan.
selain fung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar