Minggu, 11 Desember 2016

Apasih Perkembangan dan Pertumbuhan?? Apakah perbedaan perkembangan dan pertumbuhan tersebut?


            Istilah perkembangan dan pertumbuhan sering digunakan orang. Artinya kedua istilah itu dipakai secara silih berganti dengan maksud yang sama. Sebenarnya, masing-masing istilah ini mempunyai pengertian yang berbeda, dan perbedaan ini masih jarang diperhatikan orang, begitu pula oleh sebagian para ahli atau penulis tentang psikologi pendidikan. Menurut buku psikologi perkembangan peserta didik yang saya baca ada beberapa perbedaan diantara pertumbuhan dan perkembangan.
1.      Pengertian Perkembangan
Mulanya kata perkembangan berasal dari biologi kemudian abad ke-20 ini kta perkembangan di pergunakan oleh psikologi. Karena penggunaanya pertama-tama dalam biologi, pada masa berikutnya ahli-ahli yang menyebut pertumbuhan di samping kata perkembangan, bahkan ada orang yang menyebut dua istilah itu untuk maksud yang sama
Dalam penjelasan mengenai teori perkembangan terdapat perbedaan didalam memhami apa  yang termasuk dalam perkembangan dan mengenai cara perkembangan berlangsung. Namun, terdapat beberapa prinsip umum yang didukung hamper semua ahli, yaitu seperti berikut.
a.       Manusia berkembang dalam tingkat yang berbeda.
b.      Perkembangan relative runtut.
c.       Perkembangan secara gradual.

2.      Pengertian Pertumbuhan
      Istilah perkembangan (development) dan pertumbuhan (growth) dalam arti biasa memang dikatakan hamper sama. Keduanya dapat diartikan adanya perubahan dari keadaan sesuatu keadaan yang lain. Namun, pada istilah pertumbuhan dititikberatkan pada perubahan fisik, sedangkan istilah perkembangan digunakan kalau lebih menekankan pada perubaha psikis.
      Istilah”perkembangan” secara khusus diartikan sebagai perubahan-perubahan yang bersifat kualitatif dan kuantitatif yang menyangkut aspek-aspek psikologis. Untuk dapat memahami konsep perkembangan, terlebih dahulu perlu memahami pertumbuhan, kematangan, dan perubahan.
3.      Aspek-Aspek yang Mempengaruhi Pertumbuhan
a.       Anak Sebagai Keseluruhan.
Anak sebagai keseluruhan tumbuh oleh kondisi dan interaksi dari setiap aspek kepribadian yang ia miliki.
b.      Umur Mental Anak Mempengaruhi Pertumbuhannya.
Umur mental anak mempengaruhi kapasitas mentalnya, kapasitas mental anak menentukan prestasi belajarnya.
c.       Permasalahan Tingkah Laku Sering Berhubungan dengan Pola-Pola Pertumbuhan.
Kita perlu menyadari bahwa pertumbuhan sendiri menimbulkan situasi-situasi tertentu yang menimbulkan problem-problem tingkah laku. Anak-anak yang pertumbuhannya cepat, lambat, atau tidak teratur sering menimbulkan problem-problem pengajara.
d.      Penyesuaian Pribadi dan Sosial Mencerminkan Dinamika Pertumbuhan.
Anak yang tidak menunjukan kelainan-kelainan menonjol dalam pergaulan sosialnya, berarti pertumbuhan anak itu nrmal. Pertumbuhan luar biasa yang dialami oleh anak dapat menyebabkan kelainan atau kesulitan dalam menyesuaikan diri dalam pergaulan.

Kesimpulannya bahwa Pertumbuhan lebih banyak berkenaan aspek-aspek jasmaniah atau fisik,sedangkan perkembangan dengan aspkek-aspek psikis atau rohaniah. Pertumbuhan menunjukan perubahan atau penambahan secaara kuantitas, yaitu penambahan dalam ukuran besar atau tinggi, sedangkan perkembangan berkenaan dengan meningkatkan kualitas, yaitu peningkatan pertumbuhan berkenaan dengan penyempurnaan struktur, sedangkan perkembangan dengan peyempurnaan fungsi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar