Sabtu, 17 Desember 2016

Kebutuhan Peserta Didik menurut Maslow


            Menurut Maslow kebutuhan peserta didik terdapat lima tingkat kebutuan dasar, yaitu kebutuhan fisiologis, kebutuhan atas rasa nyaman, kebutuhan akan rasa memiliki dan kasih sayang, kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan dan aktualisasi diri.
1.      Kebutuhan Fisiologis
      Kebutuhan paling dasar pada setiap orang adalah kebutuhan fisiologis, yakni kebutuhan untuk mempertahankan hidupnya secara fisik. Kebutuhan-kebutuhan itu, seperti kebutuhan akan makan, minum, tempat tinggal, sexs, tidur, dan oksigen. Kebutuhan-kebutuhan fisiologis adala potensi paling dasar dan paling besar bagi semua pemenuhan kebutuhan di atasnya.
2.      Kebutuhan Akan Rasa Aman
      Setelah kebutuhan-kebutuhan fisiologis terpuaskan secukupnya, muncullah apa yang disebut Maslow sebagai kebutuhan-kebutuhan akan rasa aman. Kebutuhan-kebutuhan akan rasa aman ini diantaranya adalah rasa aman fisik, stabiliitas, ketergantungan, perlindungan dan kebebasan dari daya-daya mengancam, seperti peran, terorisme,penyakit, takut, cemas, bahaya, kerusuhan, dan bencana alam.
3.      Kebutuhan Dicintai dan Disayangi
Jika Kebutuhan fisiologis dan kebutuhan akan rasa aman  telah terpenuhi, maka muncullah apa Kebutuhan ini meliputi dorongan untuk bersahabat, keinginan memiliki pasangan dan keturunan, kebutuhan untuk dekat dengan keluarga dan kebutuhan antar pribadi seperti kebutuhan untuk memberi dan menerima cinta.
4.      Kebutuhan Akan Penghargaan
      Setelah kebutuhan dicintai dan disayangi tercukupi,manusia akan bebas untuk mengejar kebutuhan akan penghargaan. Maslow menemukan bahwa setiap orang yang memiliki dua kategori mengenai kebutuhan penghargaan, yaitu kebutuhan yang lebih rendah dan kebutuhan yang lebih tinggi.
5.      Kebutuhan Akan Aktualisasi Diri
      Tingkatan terakhir dari kebutuhan Maslow adalah aktualisasi diri. Kebutuhan aktualisasi diri adalah kebutuhan yang tidak melibatkan keseimbangan, tetapi melibatkan keinginan terus-menerus memenuhi potensi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar