Menurut
Maslow kebutuhan peserta didik terdapat lima tingkat kebutuan dasar, yaitu
kebutuhan fisiologis, kebutuhan atas rasa nyaman, kebutuhan akan rasa memiliki
dan kasih sayang, kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan dan aktualisasi
diri.
1.
Kebutuhan Fisiologis
Kebutuhan
paling dasar pada setiap orang adalah kebutuhan fisiologis, yakni kebutuhan
untuk mempertahankan hidupnya secara fisik. Kebutuhan-kebutuhan itu, seperti
kebutuhan akan makan, minum, tempat tinggal, sexs, tidur, dan oksigen.
Kebutuhan-kebutuhan fisiologis adala potensi paling dasar dan paling besar bagi
semua pemenuhan kebutuhan di atasnya.
2.
Kebutuhan Akan Rasa Aman
Setelah
kebutuhan-kebutuhan fisiologis terpuaskan secukupnya, muncullah apa yang
disebut Maslow sebagai kebutuhan-kebutuhan akan rasa aman. Kebutuhan-kebutuhan
akan rasa aman ini diantaranya adalah rasa aman fisik, stabiliitas,
ketergantungan, perlindungan dan kebebasan dari daya-daya mengancam, seperti
peran, terorisme,penyakit, takut, cemas, bahaya, kerusuhan, dan bencana alam.
3.
Kebutuhan Dicintai dan Disayangi
Jika Kebutuhan
fisiologis dan kebutuhan akan rasa aman
telah terpenuhi, maka muncullah apa Kebutuhan ini meliputi dorongan
untuk bersahabat, keinginan memiliki pasangan dan keturunan, kebutuhan untuk
dekat dengan keluarga dan kebutuhan antar pribadi seperti kebutuhan untuk
memberi dan menerima cinta.
4.
Kebutuhan Akan Penghargaan
Setelah
kebutuhan dicintai dan disayangi tercukupi,manusia akan bebas untuk mengejar
kebutuhan akan penghargaan. Maslow menemukan bahwa setiap orang yang memiliki
dua kategori mengenai kebutuhan penghargaan, yaitu kebutuhan yang lebih rendah
dan kebutuhan yang lebih tinggi.
5.
Kebutuhan Akan Aktualisasi Diri
Tingkatan
terakhir dari kebutuhan Maslow adalah aktualisasi diri. Kebutuhan aktualisasi
diri adalah kebutuhan yang tidak melibatkan keseimbangan, tetapi melibatkan
keinginan terus-menerus memenuhi potensi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar