Sabtu, 17 Desember 2016

Filosofi 5 jari manusia

Filosofi 5 jari manusia
Filosofi Lima Jari Tangan Manusia
Kali ini saya akan berbagi tentang Filosofi Lima Jari Tangan Manusia yang dapat kita gunakan sebagai inspirasiatau pelajaran bagi kehidupan kita. Sebagaimana kita telah dikaruniai oleh Allah berupa dua tangan yang mana setiap bagian tangan ada lima jari yang sebenarnya masing – masing jari tersebut mempunyai arti masing-masing yang dapatmenjadi pelajaran kita untuk selalu semangat dalam mengarungi perjalanan kehidupan kita didunia ini.
Inilah Filosofi Lima Jari Tangan Manusia:
1.   JARI JEMPOL
        Jari ini berada pada posisi pinggir dan ukurannya pendek, namun ia mempunya sifat yang sangat baik sekali yaitu suka memuji dan menghargai orang lain.
        Sama dengan kekuatan dan keyakinan, jika kita yakin pada ajaran, kepercayaan, serta agama yang kita yakini makadiri kita tidak akan tergoyahkan dalam kebimbangan dan masalah hidup.
2.   JARI TELUNJUK
        Jari ini sebagai penyemangat atas sesuatu keputusan yang kita ambil. Filosofinya adalah Kita harus bisa menjalani hidup ini dengan usaha yang benar dan jangan sampai salah langkah. Jika salah, kita perbaiki kembali dengan tekad dan semangat yang tinggi.
3.   JARI TENGAH
        Jari yang paling tinggi dan berada ditengah diantara jari – jari lainnya ini disimbolkan sebagai kekuatan perhatian atas apapun, ia harus lebih bisa memantau atas apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu agar semuanya bisa mencapaikesuksesanKarena itu tekunlah dalam beraktivitas dengan sungguh – sungguh.
4.   JARI MANIS
        Jari ini disimbolkan sebagai kekuatan konsentrasi. Orang yang konsentrasinya benar terhadap hal – hal apapun maka ia akan segera menuju kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidupnya.
5.   JARI KELINGKING
        Walaupun jari ini paling kecil dari jari – jari yang lain, bila tidak ada jari ini maka kekuatan 4 jari yang lain tidak ada gunanya atau tidak terlalu kuat dalam menggenggam sesuatu, karena itu jari kelingking ini disimbolkan sebagai kekuatan dan kebijaksanaan.
        Namun yang perlu diperhatikan adalah kelima jari tersebut walaupun masing – masing punya kekhususan, namun kelima jari tesebut saling bersatu padu untuk melakukan aktifitas dalam kehidupan. Filosofinya adalah bahwa apapun kedudukan kita, bagaimanapun kindisi kita,seperti apapun derajat kita, maka hendaknyalah kita selalu bersatu agar kita semakin kuat dalam menghadapi beratnyabeban hidup.
        Ingatlah kietika berjabat tangan maka semua jari – jari tangan kita bersatu dalam jabat erat. Ini sebagai pelajaran bagi kita untuk mengukuhkan tali persaudaraan dan silaturrahim. Tidak memandang antara yang berkedudukan tinggi maupun yang jelata.
        Akhirnya sungguh sangatlah baik jika seseorang yang mau belajar, karena dengan belajar akan menjadi pintar. Jika sudah pintar, maka akan menuju pada kebijaksanaan. Dan apabila sudah bijaksana maka ia akan tahu arti dan tujuanhidup ini yang sebenarnya. Dan Filosofi Lima Jari Tangan Manusia dapat dijadikan pembelajaran bagi kita tentanghakikat hiup didunia ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar