Minggu, 18 Desember 2016

PENGARUH GADGET DI KEHIDUPAN SEHARI – HARI




Pada artikel ini saya akan membahas mengenai pengaruh gadget di kehidupan. Gawai atau yang lebih kita kenal dengan sebutan gadget menurut Wikipedia merupakan suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis dan dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya. Contohnya adalah computer yang merupakan alat elektronik yang memiliki pembaharuan yaitu laptop dan notebook ,  dan telepon rumah yang memiliki pembaharuan yaitu telepon genggam atau yang biasa kita sebut dengan handphone. Masih banyak lagi gadget itu sendiri misalkan seperti tab , smart watch , smart tv , Banyak pengaruh positif dan negative yang ditimbulkan dari penggunaan gadget itu sendiri untuk kehidupan kita.

Di tahun 2016 ini mungkin sudah hampir seluruh orang di sekitar kita banyak sekaliyang menggunakan gadget mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, mulai dari yang harganya dua ratus ribu rupiah hingga yang harganya mencapai puluhan juta rupuah. Pada dasarnya gadget itu sendiri merupakan alat ciptaan manusia untuk membantu manusia dan gadget itu sendiri dikontrol oleh manusia dan untuk mempermudah manusia berkomunikasi dengan orang-orang yang lokasinya jauh. Tapi sekarang malah kebanyakan manusia yang sudah tidak bisa mengontrol diri mereka untuk menggunakan gadget itu sendiri dan malah mengakibatkan dampak yang tidak baik bagi kehidupan mereka. Salah salah satunya adalah sekarang manusia menjadi memiliki ketergantungan terhadap gadget itu sendiri, sering merasa kehilangan ketika gadget yang dimilikinya itu ketinggalan atau lupa terbawa, dengan terus menerus menggunakan gadget yang dimilikinya lama kelamaan manusia menjadi kurang perduli dengan lingkungan di sekitarnya, menjadi lebih malas dalam melakukan kegiatan atau aktivitas, menjadi kurang konsentrasi karena hanya terlalu fokus dengan gadget yang ada di tangannya.



Untuk para pelajar juga memiliki dampak buruk yaitu menjadi malas belajar, sulit membagi waktu karena terlalu fokus dengan gadget yang dimilikinya. Apalagi remaja jaman sekarang yang lebih up to date  dengan gadget yang dimilikinya, secara otomatis akan lebih banyak remaja yang menggunakan gadget. Jika remaja sudah terlalu sering menggunakan gadget atau kecanduan gadget, maka akan sangat sulit bagi remaja tersebut untuk melepaskan kecanduannya tersebut. Akibatnya remaja di jaman sekarang lebih asik dengan gadgetnya dibandingkan dengan orang tuanya atau temannya. Ada juga remaja yang lebih senang atau tertarik untuk curhat atau mengeluarkan isi hatinya di jejaring social menggunakan gadget dibandingkan berbicara dengan orang tuanya. Tidak sedikit juga remaja yang menggunakan  gadget tersebut sebagai alat untuk mencari informasi – informasi yang tidak seharusnya. Remaja juga banyak yang menghabiskan waktu untuk bermain game  di gadget  mereka. Banyak remaja sekarang yang kita lihat di jalan atau di tempat umum yang lebih mementingkan gadget mereka dibandingkan dengan lingkungan sekitar mereka. Meskipun remaja tersebut sedang bersama keluarganya atau temannya, tak luput dari tangannya itu memegang gadget yang dimilikinya. Terkadang kita juga melihat satu keluarga yang hanya sibuk dengan gadgetnya masing – masing. Terkadang kita juga suka melihat orang yang sedang mengendarai kendaraan tapi tangannya terus memegang ponsel atau  gadget  lainnya, ada yang mungkin sambil menelepon ataupun chatting. Dengan menggunakan gadget tersebut sambil berkendara dapat mengakibatkan pikiran kita menjadi tidak fokus atau terpecah dan dapat mengakibatkan kecelakaan. Tanpa kita sadari juga,  menggunakan gadget secara terus menerus dapat mengakibatkan mata kita menjadi rusak karena mata kita terlalu terfokus dengan layar di gadget  itu.

Solusi untuk menyelesaikan masalah kecanduan gadget bagi remaja dan orang dewasa salah satunya adalah dengan menggunakan gadget seperlunya. Karena gadget itu sendiri diciptakan untuk memudahkan kita melakukan aktivitas. Seharusnya gadget itu hanya digunakan sebagai pelengkap di kehidupan kita untuk membantu kita dalam kegiatan sehari – hari dan bukan kita jadikan sebagai alat nomor satu untuk menunjang aktivitas kita dan membuat kita menjadi ketergantungan dengan gadget itu.

Ketika kita bersama dengan keluarga atau teman, sebaiknya kita tidak terlalu sibuk dengan gadget yang kita miliki. Alangkah lebih baiknya, kita menyimpan gadget yang kita miliki untuk sementara waktu selagi kita bersama keluarga atau teman kita. Menggunakan gadget tersebut selagi perlu saja dan jangan terlalu terfokus dengan gadget yang kita miliki. Kita harus menggunakan gadget kita secara bijak. Jangan terus menerus menggunakan gadget kita untuk membuka social media ataupun untuk terus menerus mengobrol dengan teman teman kita yang jaraknya jauh. Tapi alangkah lebih baiknya jika kita menggunakan gadget  tersebut untuk hal hal yang lebih bermanfaat dan di waktu yang pas. Kita juga sebaiknya menggunakan gadget jangan di malam hari karena dapat menambah kerusakan pada mata.

Kita juga harus menjauhi gadget kita saat waktu tidur karena tanpa kita sadari gadget sering kali mengganggu waktu tidur kita. Terkadang pikiran kita ingin untuk hanya sekedar melihat – lihat di social media ataupun hal hal yang lain dan jelas itu mengganggu waktu tidur kita. Ketika pagi hari juga kita usahakan untuk tidak mencari gadget kita terlebih dahulu. Karena remaja dan orang dewasa jaman sekarang sering mengutamakan untuk mengecek notification dari gadget mreka masing masing. Utamakan berdoa pagi atau mengucap syukur karena kita masih bisa bangun di hari itu.

Tapi, di balik dampak negative yang ditimbulkan dari gadget itu sendiri, gadget juga memiliki dampak positif bagi orang dewasa ataupun remaja. Salah satunya adalah dengan gadget kita bisa dengan mudah berkomunikasi dengan banyak orang di luar sana yang lokasinya berjauhan dengan kita. Banyak gadget jaman sekarang ini yang sudah memiliki aplikasi atau fitur – fitur canggih yang memudahkan kita untuk berkomunikasi , baik untuk menelepon , untuk mengirim surat atau SMS atau chatting dan untuk video call. Banyak aplikasi juga di dalam gadget tersebut yang memudahkan kita untuk mengetahui informasi-informasi terbaru yang terjadi baik itu di dalam negri maupun luar negri. Gadget  itu sendiri juga memudahkan kita karena gadget tersebut mudah untuk dibawa kemana mana dan juga lebih praktis bisa digunakan di manapun dan kapanpun. Memudahkan kita untuk mengerjakan tugas secara online ataupun untuk mencari indormasi mengenasi tugas tersebut.

Jadi dalam menggunakan  gadget kita harus menjadi remaja atau orang tua yang bijak dan pintar. Jangan terlalu terfokus dengan gadget yang kita miliki dan akhirnya kita mengabaikan lingkungan sekitar kita. Jangan juga aktivitas sehari – hari kita menjadi terganggu karena penggunaan gadget yang secara terus menerus. Jangan sampai gadget itu sendiri menjadi mengontrol diri kita dan membuat kita menjadi bergantung dengan gadget tersebut. Oleh karena itu kita harus bisa mengatur diri kita dalam penggunaan gadget agar kita bisa menjadi pengguna gadget yang pintar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar