Minggu, 18 Desember 2016

Psikologi perkembangan

Psikologi perkembangan
Secara harfiah, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Psikologi tidak mempelajari jiwa/mental secara langsung karena sifatnya yang abstrak, tetapi psikologi membatasi pada manifest dan ekspresi dari jiwa/mental tersebut, yakni berupa tingkah laku dan proses atau kegiatannya, sehingga psikologi dapat di definisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkahlaku dan proses mental.
Psiklogi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan fungsi mental manasia secara ilmiah. Secara umum psikologi dapat di bedakan menjadi dua cabang, yaitu psikologi teoritis dan psikologi terapan. Psikologi teoritis dapat pula di bedakan atas dua bagian, yaitu psikologi umum dan psikologi khusus.
Di samping jenis-jenis psikologi yang di sebutkan di atas, masih terdapat berbagai jenis psikologi lainnya, bahkan sangat mungkin ke  depannya akan semakin terus berkembang, sejalan dengan perkembangan kehidupan yang semakin dinamis dan kompleks.
Dalam  memahami psikologi perkembangan, kita harus mengetahui apa yang di maksud dengan perkembangan. Mulanya kata perkembangan berasal dari biologi, kemudian pada abad ke-20 ini kata perkembangan dipergunakan oleh psikologi. Karena penggunaannya pertama-tama dalam biologi, pada masa beriktnya ada ahli-ahli yang menyebut pertumbuhan, di samping kata perkembangan, bahkan ada orang yang menyebut kedua istilah itu untuk maksud yang sama.
Secara singkat perkembangan(development) adalah proses atau tahapan pertumbuhan kearah yang lebih maju. Menurut kamus besar bahasa indonesia (1991) “perkembangan” adalah perihal berkembang. Selanjutnya, kata”berkembang” menurut kamus besar bahasa indonesia ini berarti mekar terbuka atau membentang, menjadi, luas, dan banyak, serta menjadi bertambah sempurna dalam hal kepribadian, pikiran, pengetahuan, dan sebagainya. Dengan demikian “berkembang” tidak saja meliputi aspek yang berarti abstrak, seperti pikiran dan pengetahuan, tetapi juga meliputi aspek yang bersifat konkret.
Perkembangan adalah suatu proses perubahan, yaitu perubahan dari suatu keadaan menjadi keadaan lain, dan ini terjadi pada diri seseorang secara terus-menerus sepanjang hayatnya. Dalam hal ini terdapat perbedaan pendapat di kalangan para ahli. Masing-masing mengemukakan konsepsi tersendiri, berdasarkan latar belakang keahlian khusus, juga di pengaruhi oleh varian aliran psikologi mereka ikuti.
·         Interdisipliner, artinya bahwa pembahasan tentang human development melibatkan semua bidang yang mempelajari tentang manusia.
·         Studi ilmiah adalah sebuah studi yang telah teruji, mengikuti tahap-tahap ilmiah, dan dapat dipertanggungjawabkan hasilnya.
·         Perkembangan selalu di kaitkan dengan perubahan yang terkait dengan perubahan usia.
·         Sebuah perilaku yang sama akan memiliki makna yang berbeda ketika terjadi pada usia yang berbeda.

 Demikian sekilas tentang Psikologi perkembangan, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar