Minggu, 18 Desember 2016

Siapa sih Peserta Didik???


Peserta didik dalam arti luas adalah setiap orang yang terkait dengan proses pendidikan sepanjang hayat, sedangkan dalam arti sempit adalah setiap siswa yang belajar di sekolah (Sinolungan, 1997).
Peserta didik merupakansubjek yang menjadi fokus utama dalam menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran. Sinolungan (1997) juga mengemukakan, manusia termasuk peserta didik adalah makhluk totalitas “homo trieka”. Ini berarti manusia termasuk peserta didik merupakan (a) makhluk religius yang menerima dan mengakui kekuasaan Tuhan atas dirinya dan alam lingkungan sekitar, (b) makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam berinteraksi dan saling mempengaruhi agar berkembang sebagai manusia, (c) makhluk individual yang memiliki keunikan (ciri khas, kelebiha, kekurangan, sifat dan kepribadian, dan lain-lain).
Dalam prospektif psikologis, peserta didik adalah individu yang sedang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya, baik fisik maupun psikis menurut fitrahnya masing-masing. Sebagai individu yang tengah tumbuh dan berkembang, peserta didik perlu bimbingan dan pengarahan yang konsisten menuju ke arah titik optimal kemampuan fitrahnya (Arifin, 1996).
Berdasarkan beberapa definisi tentang peserta didik yang disebut di atas, dapat disimpulkan bahwa peserta didik merupakan individu yang memiliki sejumlah karakteristik, diantaranya sebagai berikut.
·         Peserta didik adalah individu yang memiliki potensi fisik dan psikis yang khas, sehingga mereka merupakan insan yang unik.
  ·   Peserta didik adalah individu yang sedang berkembang, artinya peserta didik tengah mengalami    perubahan-perubahan dalam dirinya yang ditunjukan kepada diri sendiri maupun yang diarahkan    pada penyesuaian dengan lingkungannya.
   ·         Peserta didik adalah individu yang membutuhkan bimbingan individual dan perlakuan manusiawi.

   ·         Peserta didik adalah individu yang memiliki kemampuan untuk mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar