Pengertian Strategi Pembelajaran Inquiry
Pembelajaran inquiry adalah rangkaian
kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan
analisis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang
dipertanyakan. Proses berpikir itu sendiri biasanya dilakukan melalui tanya
jawab antara guru dan siswa. Strategi pembelajaran ini sering juga dinamakan
strategi heuristik, yang berasal dari bahasa Yunani yaitu heuriskein yang
berarti “saya menemukan”.
Strategi pembelajaran inquiry merupakan
bentuk dari pendekatan pembelajaran yang berorientasi kepada siswa (student
centered approach). Dikatakan demikian karena dalam strategi ini siswa memegang
peran yang sangat dominan dalam proses pembelajaran.
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa ada beberapa keunggulan dan kelemahan dari strategi pembelajaran inquiry, yaitu:
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa ada beberapa keunggulan dan kelemahan dari strategi pembelajaran inquiry, yaitu:
1.
Keunggulan / Kelebihan Strategi Pembelajaran
Inkuiri (Inquiry).
Metode pembelajaran inkuiri merupakan
strategi belajar yang banyak dianjurkan karena strategi ini memiliki beberapa
keunggulan diantaranya:Strategi pembelajara inquiry merupakan
strategi pembelajaran yang menekankan kepada pengembangan aspek kognitif,
afektif dan psikomotorik secara seimbang, sehingga pembelajaran melalui
strategi ini dianggap lebih bermakna.
Dapat memberikan ruang kepada siswa untuk
belajar sesuai dengan gaya belajar mereka.Strategi pembelajaran inquiry
merupakan strategi yang dianggap sesuai dengan perkembangan psikologi belajar
modern yang menganggap belajar adalah proses perubahan tingkah laku berkat
adanya pengalaman.
Keuntungan lain adalah strategi pembelajaran
ini dapat melayani kebutuhan siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata,
artinya siswa yang memiliki kemampuan belajar baik tidak akan terhambat oleh
siswa yang lemah dalam belajar.
2.
Kelemahan Strategi Pembelajaran Inkuiri (Inquiry).
Disamping memiliki keunggulan, strategi
pembelajaran inquiry juga mempunyai kelemahan, di antaranya yaitu:Jika strategi
pembelajaran inquiry sebagai strategi pembelajaran, maka akan sulit terkontrol
kegiatan dan keberhasilan siswa. Strategi ini sulit dalam merencanakan
pembelajaran karena terbentuk dengan kebiasaan siswa dalam beljar.
Kadang-kadang dalam mengimplementasikannya,
memerlukan waktu yang panjang sehingga sering guru sulit menyesuaikannya dengan
waktu yang telah ditentukan.Selama kriteria keberhasilan belajar ditentukan
oleh kemampuan siswa menguasai materi pelajaran, maka strategi pembelajaran
inquiry akan sulit diimplementasikan oleh setiap guru.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa
strategi pembelajaran inquiry ini menekankan kepada proses mencari
dan menemukan. Materi pelajaran tidak diberikan secara langsung, peran siswa
dalam strategi ini adalah mencari dan menemukan sendiri materi pelajaran,
sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dan membimbing siswa untuk belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar