Sabtu, 17 Desember 2016

Apasiih filsafat???

Apasiih filsafat???


Filsafat adalah ilmu yang berusaha mencari sebab yang sedalam-dalamnya bagi segala sesuatu berdasarkan pikiran. Banyak sekali pengertian menurut berbagai ahli tentang filsafat, tetapi bagi sebagian orang yang masih belum memahami apasih itu filsafat biasanya orang tersebut merasa kebingungan, sebab sangat luasnya ilmu filsafat tersebut maka menjadi sukar pula orang mempelajarinya, dari mana hendak dimulai dan bagaimana cara membahasnya agar orang yang mempelajarinya segera dapat mengetahuinya. Apalagi di kalangan mahasiswa-mahasiswa yang terdapat mata kuliah filsafat pendidikan. Bisa dikatakan juga dari diri mahasiswa tersebut masih belum mengalami perubahan pikiran secara mendalam terhadap sesuatu masalah, atau dengan kata lain sebagian dari mahasiswa tersebut masih kurang tingkat ke “kepo-an”nya. Dilihat  dari pengertian praktisnya, filsafat bererti 'alam pikiran' atau 'alam berpikir'.
Berfilsafat artinya berpikir. Namun tidak semua berpikir bererti berfilsafat. Berfilsafat adalah berpikir secara mendalam dan sungguh-sungguh. Sebuah semboyan mengatakan bahwa "setiap manusia adalah filsuf". Semboyan ini benar juga, sebab semua manusia berpikir. Akan tetapi secara umum semboyan itu tidak benar. Sebab tidak semua manusia yang berpikir adalah filsuf. Filsuf hanyalah orang yang memikirkan hakikat segala sesuatu dengan sungguh-sungguh dan mendalam. Lebih tegasnya Filsafat adalah hasil akal seorang manusia yang mencari dan memikirkan suatu kebenaran dengan sedalam-dalamnya.

Dengan kata lain: Filsafat adalah ilmu yang mempelajari dengan sungguh-sungguh hakikat kebenaran segala sesuatu. Kesimpulan yang saya dapat dari pengertian filsafat itu sendiri yaitu : pandangan hidup seseorang yang merupakan konsep dasar mengenai kehidupan yang diinginkan. Filsafat juga diartikan suatu sikap seseorang yang sadar dan dewasa dalam memikirkan segala sesuatu dan dengan melihat dari segi yang luas dan menyeluruh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar